Bagaimana memilih jalur pendakian ke gunung rinjani?

melalui jalur desa senaru?atau melalui jalur desa sembalun?

ini adalah sebuah pertanyaan yang tentunya sangat penting bagi anda yang saat ini berencana melakukan pendakian ke gunung rinjani.

Walaupun saat ini banyak jalur baru ke gunung rinjani yang telah dibuka seperti jalur timba nuh,jalur torean.

namun jalur yang paling populer adalah dua jalur ini yaitu jalur senaru dan jalur sembalun karena kedua jalur ini  menghubungkan 5 destinasi dan daya tarik utama dari gunung rinjani yaitu  puncak,danau segara anak,pemandian sumber air panas,pelawangan sembalun dan pelawangan senaru.

Jika anda menggunakan jalur timba nuh,anda cuma bisa sampai ke pelawangan dan pesisir danau bagian selatan dan tidak bisa melanjutkan perjalanan ke puncak,pemandian air panas dan pelawangan senaru.

Jika anda menggunakan jalur torean,anda akan sampai di pesisir danau dan pemandian sumber air panas,setelah sampai di pesisir danau dan pemandian air panas,anda memiliki 2 pilihan,melanjutkan program ke puncak (pulang melalui sembalun) atau melanjutkan program ke pelawangan senaru (pulang melalui jalur senaru).

Untuk lebih detail nya,anda bisa melihat peta jalur pendakian gunung rinjani.

Ok..sekarang kita kembali ke topik utama yaitu “bagaimana cara memilih jalur pendakian ke gunung rinjani?”

Tapi sebelum anda memilih jalur mana yang terbaik untuk anda,sebaiknya anda mengetahui hal hal dibawah ini:

  1. letak dan posisi dari gunung rinjani
  2. letak jalur pendakian
  3. letak destinasi utama dari gunung rinjani.

 

1.Letak dan posisi gunung rinjani

Gunung rinjani terletak di tengah pulau lombok dengan ketinggian 3726.mdpl.

Posisinya membentang dari arah barat ke arah timur.

terbagi menjadi 4 wilayah kabupaten yaitu kabupaten lombok barat,kabupaten lombok utara,kabupaten lombok timur dan kabupaten lombok tengah.

2.letak posisi jalur pendakian.

2.1.jalur pendakian desa sembalun.

Desa sembalun terletak di bagian timur pulau lombok,posisi nya di bagian timur dari gunung rinjani.

Berada di ketinggian 1.100 meter dari permukaan laut.

Desa sembalun menjadi bagian dari kabupaten lombok timur.

Jalur sembalun menjadi jalur pavorite bagi para pendaki yang hanya ingin ke puncak,karena jalur ini lebih dekat menuju ke puncak,hanya membutuhkan 2 hari perjalanan untuk samapi ke puncak dan kembali lagi pada hari itu.

Jalur sembalun menjadi jalur yang paling pavorite karena jalur sembalun berada di ketinggian 1.100 mdpl,dan memulai pendakian dari jalur yang lebih tinggi.

Jalur desa sembalun adalah jalur padang rumput yang luas sampai ke pelawangan sembalun.

Dan cuaca biasa nya terik saat pagi sampai siang sekitar sampai pukul 12 am karena tidak banyak pepohonan di wilayah ini.

Anda disaran kan  harus menggunakan sun block dan topi pelindung pada saat melakukan pendakian pada pagi hari.

Bagi anda yang sudah sampai ke puncak dan ingin melanjutkan perjalanan ke danau,air panas dan pelawangan senaru,anda harus mengambil waktu minimal 3 hari dan max 5 hari untuk melewati nya dan pendakian akan berahir di desa senaru.

2.2.Jalur pendakian desa senaru.

Desa senaru terletak di bagian barat gunung rinjani dan menjadi bagian dari kabupaten lombok utara.

Desa senaru berada di ketinggian 601 mdpl yang seluruh wilayahnya terdiri dari persawahan,perkebunan kopi,coklat dan sebagian nya adalah hutan tropis.

Jalur senaru menjadi jalur pavorite bagi pendaki pemula dan keluarga yang ingin menikmati pemandangan dari pinggir kawah rinjani bagian barat.

Untuk sampai ke pinggir kawah,anda harus melakukan pendakian selama 2 hari pendakian naik pada hari pertama dan turun pada hari kedua.

Jalur senaru semuanya merupakan hutan tropis yang teduh,dan seringkali terjadi kabut dan hujan.

Bagi anda yg menggunakan jalur senaru,direkomendasikan utk menyiapkan jas hujan untuk berjaga jaga.

Dan jalan nya biasanya akan sedikit licin saat hujan.

Bagi anda yang sudah sampai ke pinggir kawah senaru dan ingin melanjutkan perjalanan ke danau,sumber airpanas dan puncak rinjani,anda harus  mengambil minimal 3 hari pendakian dan maksimal 5 hari pendakian.bermalam di pinggir kawah senaru dan melanjutkan perjalanan pada ke esokan harinya dan perjalanan akan berahir di desa sembalun.

3.Letak dan posisi destinasi utama dari gunung rinjani.

 3.1.puncak rinjani 3726 mdpl.

Puncak rinjani 3726 mdpl terletak di bagian timur pulau lombok dan berdekatan dengan pelawangan sembalun.

Untuk mencapai ke puncak,anda harus bermalam di pinggir kawah sembalun dan memulai pendakian pada pagi hari sekitar pukul 2 atau 3 pagi dan biasanya tiba di puncak sebelum matahari terbit.

Jalan menuju ke puncak sangatlah sulit bagi pendaki pemula karena jalan nya yang sedikit terjal, berpasir,kerikil dan sebagian bebatuan kecil yang akan membuat langkah anda selalu mundur selangkah setelah maju selangkah.

Cuaca menuju ke puncak sangat dingin sebelum matahari terbit,sekitar 2 sampai 3 derajat celcius bahkan bisa sampai 0 degrees pada saat cuaca berkabut dan angin kencang.

Disarankan bagi anda untuk menggunakan jaket hangat dan jaket windproof,celana panjang( windproof),gloves,sepatu trekking,gather dan sesuatu untuk menutup kepala dan telinga anda supaya tidak merasa kedinginan disaat berada di puncak.

Tapi cuaca akan berubah menjadi hangat setelah matahari terbit,sekitar pukul 6.20 di pagi hari.

Menikmati matahari terbit dari tempat yang paling tinggi adalah hal yang berbeda,menakjubkan dan paling indah,karena kita berada di atas awan dan  seakan akan kita berada di negeri di atas awan.

3.2.pelawangan sembalun.

Pelawangan sembalun terletak di bagian timur dari gunung rinjani,dengan ketinggian 2.639 mdpl,posisinya berdekatan langsung dengan puncak gunung rinjani.

Bagi para pendaki yang melakukan pendakian dari desa sembalun dan ingin ke puncak,harus bermalam dulu di sini dan memulai pendakian ke puncak pada ke esokan harinya.

Hal yang palin menakjubkan di pelawangan sembalun ialah disini terdapat sumber mata air yang sangat bersih,segar dan menyehatkan dan terletak pada ketinggian 2.639 mdpl.

Saya rasa hanya disini  satu satu nya sumber mata air yang berada pada ketinggian 2.639 mdpl.

Walaupun ribuan bahkan jutaan orang dari dulu sampai sekarang telah mengambil untuk minum dan memasak,sumber mata air ini tidak pernah berkurang aliran nya.

3.3.danau segara anak

Danau segara anak  terletak ditengah tengah kawah gunung rinjani dengan ketinggian 2010 mdpl.untuk menempuh nya anda harus melakukan pendakian minimal 3 hari 2 malam dan maksimal 5 hari 4 malam setelah bermalam di pelawangan sembalun (bagi anda yang memulai pendakian dari jalur sembalun) dan setelah bermalam di pelawangan senaru (bagi anda yang memulai pendakian dari jalur senaru)

Bagi anda yang  bermalam di pesisir danau segara anak,aktifitas yang akan anda lakukan ialah biasanya berenang,memancing dan mandi di pemandian sumber air panas.

danau segara memiliki keunikan antara lain:

1.sebuah danau luas yang letaknya yang berada sangat tinggi yaitu 2010 meter dari permukaan laut.

2.letaknya dikelilingi oleh tebing tebing gunung dengan ketinggian 640 meter,seumpama sebuah bendungan raksasa.

3.”gunung baru jari” yang sampai saat ini masih aktif dan meletus terahir pada bulan november 2016,berada di tengah tengah danau segara anak.membuktikan bahwa danau segara anak adalah sebagai pendingin dari gunung yang sangat berapi dan aktif ini.

Bisa dibayangkan seandainya tidak ada danau sebagai pendingin,mungkin gunung berapi baru jari ini setiap hari akan meletus.

4.danau segara anak memilki banyak ikan yang tak pernah habis habis nya.dari dulu sampai sekarang ikan nya selalu banyak walaupun banyak pendaki yang menangkap untuk dijadikan lauk pauk dan dibawa pulang.

3.4 pemandian sumber air panas

Pemandian sumber air panas ini terletak di pesisir pantai danau segara anak,hanya 5 menit peejalanan dari pesisir pantai danau dan terletak pada ketinggian 2000 meter dari permukaan laut.

Sumber air panas ini berasal dari gunung berapi,panas air nya sekitar 35 sampai 20 degrees.

Apabila anda mandi di sini,anda akan merasa otot anda yang tegang menjadi ringan dan bugar setelah melakukan perjalanan berat.

3.5 pelawangan senaru.

Pelawangan senaru terletak di bagian barat gunung rinjani dengan ketinggian 2.641 mdpl.

Pelawangan senaru terkenal karena memiliki pemandangan yang luar biasa menakjubkan.

Melihat Ke arah timur,anda bisa menikmati keindahan seluruh bagian dari gunung rinjani seperti gunung baru jari,danau segara anak yang dikelilingi oleh gunung gunung yang tinggi,pelawangan sembalun dan puncak rinjani.

Ke arah barat,anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam dengan sempurna atau matahari terbenam di atas awan di temani dengan pemandangan bukit bukit kecil,anda bisa melihat setengah bagian dari pulau lombok,gilis,agung mountain bali dan banyak lagi keindahan lain nya yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Setelah anda membaca dan mengetahui semua tentang gunung rinjani,destinasi utama dan jalur nya tetapi anda masih bingung jalur mana yang harus saya ambil?

Berikut ini saya berikan 2 tips untuk memilih jalur pendakian ke gunung rinjani:

1.tentukan destinasi tujuan utama anda ke gunung rinjani.

Tujuan utama anda adalah hal yang paling penting dalam meilih jalur pendakian ke gunung rinjani karena destinasi utama dari gunung rinjani berada ditempat yang berbeda beda seperti puncak,danau,sumber pemandian air panas.

  • jika tujuan utama anda adalah “puncak rinjani”

Untuk pendaki yang sudah berpengalaman anda harus melakukan pendakian dari jalur sembalun  dengan program 2 hari 1 malam pendakian dan kembali lagi ke sembalun pada hari kedua.

Bagi pendaki pemula,di sarankan mengambil program pendakian 3 hari 2 malam dan kembali lagi ke desa sembalun pada hari ke tiga.

  • jika tujuan anda adalah pelawangan senaru,anda harus menggunakan jalur senaru dengan lama perjalanan 2 hari 1 malam dan kembali ke desa senaru pada hari ke dua.
  • jika tujuan anda ingin ke danau dan pemandian sumber air panas saja,anda harus menggunakan jalur senaru dengan program 3 hari 2 malam untuk pendaki yang sudah berpengalaman,bermalam di pelawangan senaru, ke danau dan pemandian air panas pada hari kedua dan kembali ke desa senaru pada hari ke tiga.

dan 4 hari 3 malam untuk pendaki pemula dengan bermalam di pelawangan senaru,malam kedua di pesisir danau segara anak,malam ketiga di pelawangan atau di pos 3 senaru dan kembali lagi ke desa senaru pada hari ke empat.

  • jika tujuan anda ingin ke semua tempat destinasi utama sekaligus seperti puncak,danau,pemandian sumber air panas dan pelawangan senaru,anda bisa memilih jalur yang mana saja tergantung keinginan anda.

Jika anda ingin kepuncak dulu kemudian ke danau dan pemandian sumber air panas,anda harus  memilih jalur sembalun dengan lama program 3 hari 2 malam.

Tapi apabila anda ingin rileks di danau dan pemandian sumber air panas kemudian ke puncak,anda bisa memulai pendakian dari jalur senaru dengan program 3 hari 2 malam.

Tetapi untuk pendaki pemula yang ingin mengunjungi semua sekaligus,sangat disarankan untuk mengambil program 4 hari 3 malam karena kecepatan berjalan naik dan turun antara pendaki berpengalaman dengan pendaki pemula sangat berbeda.

2.lihat kemampuan fisik anda dalam berjalan naik dan turun.

Kemampuan fisik dalam mendaki sangatlah penting untuk memilih jalur pendakian ke gunung rinjani.

Bagi anda yang belum ada pengalaman dalam melakukan pendakian naik dan turun,disarankan untuk mengambil waktu pendakian yang lebih lama,maksimal 4 hari perjalanan untuk melewati semua destinasi utama dan menyelesaikan semua jalur di gunung rinjani.

Tapi bagi anda yang memiliki waktu yang sedikit dan ingin menikmati keindahan pemandangan gunung rinjani,saya saran kan untuk mengambil jalur senaru dan pendakian hanya sampai ke pelawangan senaru.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang saat ini berencana untuk mendaki ke gunung rinjani.

1 Comment

  • Paket Pendakian Ke Gunung Rinjani Lombok | Herman Trekker,

    […] Baca info lebih jelas perihal bagaimana cara menentukan paket pendakian serta jalur pendakian ke gunung rinjani, […]

  • Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Previous reading
    PAKET PENDAKIAN KE GUNUNG RINJANI
    Next reading
    Am I fit enough to climb Rinjani national park?