Keeksotisan Gunung Rinjani berhasil menarik orang untuk datang menemui si Dewi Anjani. Tidak cuma pendaki gunung saja yang terhipnotis kecantikan Rinjani, mereka yang awam dalam pendakian pun ikut terpesona mengagumi keindahannya. Lebih membanggakan lagi, magnet Gunung Rinjani sanggup menarik banyak turis asing. Tanya kenapa? Ini alasannya:

1. Rinjani punya Segara Anak yang cantiknya Subhanallah banget

Jika Semeru punya Ranu Kumbolo, Rinjani memiliki Segara Anak. Menurut warga setempat, Segara Anak bermakna anak laut. Hal itu karena air danau Segara Anak terlihat kebiru-biruan seperti air laut.

Pemandangan alam danau Segara Anak sungguh menakjubkan. Pepohonan rindang, gunung, dan kilau air danau menjadi secuil kenikmatan surga dunia.

 

2. Eksotisme Segara Anak terlukis di mata uang Rp 10.000

Pernah lihat pecahan uang kertas 1000 di atas? Jika kamu kenal Rinjani, kamu pasti tidak asing dengan gambar danau tersebut. Iya benar, itu adalah Danau Segara Anak. Pada tahun 1998, Bank Indonesia menghiasi uang pecahan 1000 rupiah dengan lukisan Danau Segara Anak pada salah satu sisinya.

 

3. Kawah Gunung Batujari membuat orang terpesona

Dari pinggiran danau, kamu bisa melihat kemegahan Gunung Batu Jari. Gunung yang berada di tengah-tengah Danau Segara Anak ini mengeluarkan sulfur dari kawahnya.

 

4. Rinjani termasuk dalam seven summits gunung di Indonesia

Di atas ketinggian 3726 mdpl, Rinjani menjadi gunung tertinggi nomor 3 di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Cartenz. Kamu yang berhasil mencapai puncak Rinjani berhak melihat kaki langit yang luas tanpa batas. Lanskap pemandangan Gunung Batur, Gunung Agung, Gunung Tambora, dan lautan lepas terlihat jelas.

Jika kamu hikerholic, kamu pasti memasukan Rinjani dalam list target pendakian. Karena Rinjani termasuk dalam seven summits gunung Indonesia.

 

5. Memiliki trek pendakian gunung bintang 5

Kamu yang sudah mendaki Rinjani pasti tahu betapa beratnya mendaki Rinjani. Namun, lelahnya mendaki terbayarkan dengan eksotisme bentang alam Rinjani. Rinjani mempunyai hutan hujan pegunungan rendah, savana yang luas dengan edelweis yang cantik, dan hutan hujan pegunungan tinggi. Karena itu jugalah, Rinjani pantas disebut gunung berbintang 5

 

Sumber : http://phinemo.com

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous reading
Cabut Bunga Edelweis di Gunung Rinjani, 5 Pendaki Malah Ditunjuk Menjadi Duta Pelestarian, Kok Bisa?
Next reading
5 Alasan Mengapa Gunung Rinjani Layak disebut Gunung Bintang 5